KURIKULUM DARURAT : KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR GEOGRAFI SMA/MA

 


KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR GEOGRAFI SMA/MA

 

KELAS X

Tujuan kurikulum mencakup empat kompetensi, yaitu (1) kompetensi sikap spir
itual,

(2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan/atau ekstrakurikuler.

Rumusan Kompetensi Sikap Spiritual adalah “Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya”. Adapun rumusan Kompetensi Sikap Sosial adalah “Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif, dan pro-aktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching), yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran, serta kebutuhan dan kondisi siswa.

Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter siswa lebih lanjut.

Kompetensi Pengetahuan dan Kompetensi Keterampilan dirumuskan sebagai berikut, yaitu siswa mampu:

KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)

KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)

3.      memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah

4.      mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan

 

KOMPETENSI DASAR

KOMPETENSI DASAR

3.1 memahami pengetahuan dasar geografi dan terapannya dalam kehidupan sehari-hari

4.1     menyajikan contoh penerapan pengetahuan dasar geografi pada kehidupan sehari-hari dalam

bentuk tulisan


KOMPETENSI DASAR

KOMPETENSI DASAR

3.2

memahami dasar-dasar pemetaan, Pengindraan Jauh, dan Sistem Informasi Geografis (SIG)

4.2

membuat peta tematik wilayah provinsi dan/atau salah satu pulau di Indonesia berdasarkan peta rupa

Bumi

3.3

menganalisis dinamika planet Bumi sebagai ruang kehidupan

4.3

menyajikan karakteristik planet Bumi sebagai ruang kehidupan dengan menggunakan peta, bagan, gambar, tabel, grafik, foto,

dan/atau video

3.4

menganalisis dinamika litosfer dan dampaknya terhadap kehidupan

4.4

menyajikan proses dinamika litosfer dengan menggunakan peta, bagan, gambar, tabel, grafik, video,

dan/atau animasi

3.5

menganalisis dinamika atmosfer dan dampaknya terhadap kehidupan

4.5

menyajikan proses dinamika atmosfer menggunakan peta,

bagan, gambar, tabel, grafik, video, dan/atau animasi

3.6

menganalisis dinamika hidrosfer dan dampaknya terhadap kehidupan.

4.6

menyajikan proses dinamika hidrosfer menggunakan peta,

bagan, gambar, tabel, grafik, video, dan/atau animasi

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PENGUMUMAN KELULUSAN SMA YA BAKII KESUGIHAN TAHUN PELAJARAN 2022/2023

SEJARAH PEMBENTUKAN BUMI

Mitigasi Bencana Alam (Untuk Kelas XI)