KURIKULUM DARURAT : KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR GEOGRAFI SMA/MA
KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR GEOGRAFI SMA/MA
KELAS X
Tujuan kurikulum mencakup
empat kompetensi, yaitu
(1) kompetensi sikap
spir
itual,
(2)
sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Kompetensi tersebut
dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan/atau ekstrakurikuler.
Rumusan Kompetensi Sikap Spiritual adalah “Menghayati dan
mengamalkan ajaran agama yang dianutnya”. Adapun rumusan Kompetensi Sikap
Sosial adalah “Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli
(gotong royong, kerja sama, toleran, damai),
santun, responsif, dan pro-aktif sebagai
bagian dari solusi
atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
sosial dan alam serta
menempatkan diri sebagai
cerminan bangsa dalam
pergaulan dunia”. Kedua
kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching), yaitu keteladanan,
pembiasaan, dan budaya sekolah dengan memperhatikan karakteristik mata
pelajaran, serta kebutuhan dan kondisi siswa.
Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan
sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai
pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter siswa lebih lanjut.
Kompetensi
Pengetahuan dan Kompetensi Keterampilan dirumuskan sebagai berikut, yaitu siswa
mampu:
KOMPETENSI INTI
3 (PENGETAHUAN) |
KOMPETENSI INTI 4
(KETERAMPILAN) |
3. memahami,
menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan
peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
untuk memecahkan masalah |
4. mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu
menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan |
KOMPETENSI DASAR |
KOMPETENSI DASAR |
3.1 memahami pengetahuan dasar geografi
dan terapannya dalam kehidupan sehari-hari |
4.1 menyajikan
contoh penerapan pengetahuan dasar geografi pada kehidupan sehari-hari dalam bentuk tulisan |
KOMPETENSI DASAR |
KOMPETENSI DASAR |
||
3.2 |
memahami
dasar-dasar pemetaan, Pengindraan Jauh, dan Sistem Informasi Geografis (SIG) |
4.2 |
membuat
peta tematik wilayah provinsi dan/atau salah satu pulau di Indonesia
berdasarkan peta rupa Bumi |
3.3 |
menganalisis
dinamika planet Bumi sebagai ruang kehidupan |
4.3 |
menyajikan
karakteristik planet Bumi sebagai ruang kehidupan dengan menggunakan peta,
bagan, gambar, tabel, grafik, foto, dan/atau video |
3.4 |
menganalisis
dinamika litosfer dan dampaknya terhadap kehidupan |
4.4 |
menyajikan
proses dinamika litosfer dengan menggunakan peta, bagan, gambar, tabel,
grafik, video, dan/atau animasi |
3.5 |
menganalisis
dinamika atmosfer dan dampaknya terhadap kehidupan |
4.5 |
menyajikan
proses dinamika atmosfer menggunakan peta, bagan, gambar, tabel, grafik,
video, dan/atau animasi |
3.6 |
menganalisis
dinamika hidrosfer dan dampaknya terhadap kehidupan. |
4.6 |
menyajikan
proses dinamika hidrosfer menggunakan peta, bagan, gambar, tabel, grafik,
video, dan/atau animasi |
Komentar
Posting Komentar